BUKU BACALAH DENGAN CINTA DAN HARAPAN (Edisi Literasi Kitab Suci Al-Qur’an) - YAYASAN BINA INSAN CITA

BUKU BACALAH DENGAN CINTA DAN HARAPAN (Edisi Literasi Kitab Suci Al-Qur’an)

 


KATA PENGANTAR KEPALA DINAS PENDIDIKAN

PROVINSI SULAWESI SELATAN

Pendidikan bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan pendidikan seorang anak akan mampu menjunjung dan menghargai nilai-nilai serta norma yang berlaku dalam masyarakat. Penyiapan peserta didik sebagai sumber daya manusia masa depan sangat penting dan menjadi prioritas dalam bidang pendidikan. Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat dalam segala lini kehidupan, maka tidak salah jika Ali bin Abi Thalib mengatakan Didiklah Anakmu sesuai Zamannya karena Mereka Hidup bukan di Zamanmu”.

Salah satu program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam bidang pendidikan yaitu Literasi Kitab Suci di setiap hari sebelum memulai pembelajaran. Pelaksanaan di tingkat sekolah dilakukan sebelum memulai pembelajaran jam pertama. Siswa, guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah secara bersama-sama membaca Kita Suci Al-Quran. Bagi pendidik, tenaga kependidikan dan siswa yang beragama nonmuslim tetap difasilitasi untuk membaca kitab suci sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Program ini sejalan dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu penguatan literasi. Literasi kitab suci adalah bagian dari penguatan literasi pada lingkungan sosio afektif.  

Setelah kurang lebih setahun program Literasi Kitab Suci berjalan, tentu banyak hal yang terjadi dalam pelaksanaan program tersebut. Catatan-catatan kecil yang diamati dan atau dialami oleh siswa, guru, kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya dikumpulkan dalam sebuah buku berjudul “Bacalah dengan Cinta dan Harapan”. Saya memberi apresiasi kepada seluruh  penulis  dalam  buku  ini  yang  telah  meluangkan  waktu  dan  pikirannya.    Hal ini tentu sangat membanggakan bagi Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai bukti implementasi pengembangan literasi yang menggema di Sulawesi Selatan. Satuan pendidikan menjadi sarana strategi bagi pembentukan karakter dalam menanamkan nilai- nilai moral, spiritual dan keilmuan melalui Program Literasi Kitab Suci

Terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku ini. Semua pihak diharapkan dapat memberikan kritik, saran, dan masukan agar pelaksanaan Program Literasi Kitab Suci semakin baik dan memberi resonansi yang luas pada masyarakat Sulawesi Selatan. Semoga buku ini bermanfaat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

                                                                Makassar,  Maret 2022

                                                                Kepala Dinas Pendidikan Sulsel

 

                                                                Dr. Setiawan Aswad, M.dev., PLG 

                                                                        

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BUKU BACALAH DENGAN CINTA DAN HARAPAN (Edisi Literasi Kitab Suci Al-Qur’an)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel